Kebersihan Berawal dari Diri

Standar

Sebagai warga negara yang baik tentu kita perlu menjaga kebersihan lingkungan. Tapi, sebelum menjaga kebersihan lingkungan, tentunya kita perlu menjaga kebersihan diri terlebih dahulu. Berbicara tentang kebersihan diri, Bunda disarankan mengajarkan si kecil tentang kebersihan mulai dari sekarang. Karena disiplin yang ia dapat akan terus ia terapkan saat dewasa.Bisa mulai dari membiasakannya untuk selalu :

1.  Mencuci tangan
Terapkan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan dan sesudah memegang benda tertentu terlebih lagi binatang. Dengan mencuci tangan kuman dan bakteri yang menempel di tangannya akan segera mati. 
2.Memotong kuku
Menggunting kuku secara teratur seminggu sekali sangat dianjurkan. Terkadang anak memegang atau mengambil suatu benda dan kotorannya masuk serta tersimpan di dalam kuku. Kotoran yang tersimpan bisa menjadi sumber kuman. Untuk itu potonglah kukunya secara rutin.
3.Mandi teratur
 Mandi minimal 2 kali sehari dapat menghindari anak terserang penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan kuman. Berikan pakaian yang bersih setelah mandi dan jangan lupa untuk mengajarkannya sikat gigi pagi hari dan sebelumtidur.
4.Bersihkan mainannya
Jangan malas untuk membersihkan mainannya. Cucilah dan keringkan semua mainannya di setiap akhir pekan. Bila si kecil cukup umur Bunda boleh mengajaknya membersihkan mainan. Jangan lupa, rak atau box mainannya juga ikut dibersihkan ya, Bun!
 Setelah si kecil tahu, mengerti dan menerapkan kebersihan untuk dirinya, sekarang saatnya ia diajarkan menjaga kebersihan lingkungan. Caranya dengan menerapkan buang sampah pada tempatnya.
Bila Bunda atau Ayah sering membuang sampah sembarangan, jangan harap si kecil akan rajin membuang sampah di tempatnya. Ia akan mencontoh dari orangtuanya. untuk itu mulai sekarang buanglah sampah pada tempatnya. Selalu siapkan plastik kecil saat bepergian untuk berjaga-jaga bila kita tidak menemukan tong sampah di suatu tempat.
Tips :
Sediakan tong sampah kering di kamarnya. Dengan begitu dia akan terbiasa membuang sampah di tong sampah. Selain itu ia akan merasa bertanggung jawab terhadap kebersihan kamarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s